Menguak informasi dari sisi imajinasi

Temukan di Facebook

Hari Ulang Tahun Yayasan Bolshoi Theater ke-240 Diperingati Google Doodle Hari Ini? Lalu Apa Hubungannya Yayasan ini dengan Google?

Hari Ulang Tahun ke-240 Yayasan Bolshoi Theater Diperingati Google Doodle Hari Ini


Jika kita membuka halaman utama pencarian Google, kita akan melihat sesuatu yang berbeda di gambar mesin pencari Google. Setelah melakukan pencarian informasi, ternyata hari ini Senin (28/3/2016) adalah hari ulang tahun ke-240 Yayasan Bolshoi Theater. Hal menarik dalam hari ulang tahun Yayasan Bolshoi Theater yaitu dengan adanya perubahan pada Google Doodle yang saat ini bergambar Gedung Bolshoi Theater. Saat kita perhatikan gambar tersebut, pasti akan terlintas pertanyaan ‘apa pentingnya sih gedung Bolshoi Theater buat google? Kok sampai segitunya google bikin Doodle gedung Bolshoi Theater? 


Bolshoi Theater pertama kali didirikan pada 28 Maret 1776 oleh Pangeran Pyotr vasilyevich Urusov dan Michael Maddox. Awalnya gedung ini didirikan sebagai tempat latihan dan pertunjukan para remaja di Rusia. Seiring berjalannya waktu hingga pada 30 Desember 1780 gedung ini berubah fungsi menjadi tempat pertunjukan opera drama.

Dalam pembangunan gedung Bolshoi Theater dirancang oleh 3 orang arsitek yaitu Alberto Cavos, Andrei Mikhailov dan Joseph Bové. Ketiga arsitek itu, mulai membangun Bolshoi Theater pada 6 Januari 1825 dengan memakai gaya arsitektur neoklasik yang sangat unik saat itu.

Dalam perkembangannya, Gedung Bolshoi Theater sudah berulang kali mendapat renovasi hingga merubah bentuk aslinya. Perubahan yang terlihat misalnya pada bagian dalam gedung ini, berupa adanya penambahan tempat duduk untuk penonton, suara speaker, hingga lampu penerangannya.


Selain mengalami beberapa perubahan itu, Bolshoi Theater juga pernah mengalami perubahan nama pada tanggal 7 Desember 1919 rumah teater ini berganti nama menjadi State Academic Bolshoi Theatre. Untung saja hal ini hanya berlangsung beberapa hari karena ada unsur politik. Nama rumah Theater ini kembali di ubah seperti semula pada 12 Desember 1919. Bahkan ketika terjadi perang dunia kedua, gedung ini pernah rusak karena serangan bom.

Sebagai saksi bisu sejarah peradaban manusia, gedung ini pantas di apresiasi sebagai gedung bersejarah. Mungkin hal ini salah satu alasan kenapa Google membuat halaman pencarinya dengan Doodle Bolshoi Theater. 






Editor: Mosir Laksa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Copyright © Ruang Getar. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design